Cara Pasang Iklan Google. Google Ads merupakan layanan utama yang harus digunakan oleh pengusaha untuk bisa meningkatkan bisnisnya saat ini. Sebab alasan ini pula, banyak pengusaha muda yang mau mengawalinya dengan mencari suatu postingan yang mengulas gimana cara pasang iklan Google secara gratis.

Beberapa alasan yang perlu Anda pertimbangkan untuk memakai Google Ads yaitu:

Meminimalkan Biaya

Tidak perlu mengeluarkan biaya besar ialah Rp 200.000 saja, Anda dapat menayangkan iklan untuk bisnis. Apabila ada orang mencari kata kunci bisnis Anda di Google, mereka akan mendapatkan iklan dengan link bisnis online tersebut di halaman awal Google. Saldo buat iklan Google Ads juga tidak akan menurun bila tidak ada yang mengklik iklan Anda.

Pengunjung yang Berkualitas

Salah satu kelebihan Google Ads yaitu pengunjung iklannya ialah mereka yang sangat mencari produk serta jasa dari Anda. Sebab iklan bisnis yang disiarkan Google Ads betul-betul diperuntukan untuk targrt pasar, lebih besar kemungkinan pengunjung tersebut akan jadi konsumen bisnis online Anda.

Mengalahkan Kompetisi

Saat ini, semua bisnis online berlomba-lomba untuk berada di halaman pertama Google dengan kata kunci tertentu. Bermacam cara marketing juga dilakukan supaya tujuan tersebut tercapai. Tetapi, Anda dapat memakai Google Ads serta berada di halaman pertama dengan gampang.

Kali ini akan mengulas cara pasang iklan Google yang mudah buat diikuti. Mudah-mudahan bisa membantu Anda dalam meningkatkan bisnis. Ikuti cara memakai Google Ads berikut ini!

Buat Akun Google Ads

Saat sebelum memulai cara iklan di Google, Anda wajib mempunyai akun terlebih dulu. Bila Anda belum mempunyai akun Google Ads, buka web Google Ads di browser. Kemudian simak proses pembuatan akun untuk Google Ads. Anda juga dapat login ke akun Google yang telah Anda miliki.

Berikutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk memilih goal iklan. Bila baru pertama kali membuat iklan di Google Ads, Google akan langsung memusatkan Anda untuk membuat iklan Smart Campaign, yang mana Google akan mengendalikan otomatis iklan tersebut dengan bantuan machine learning.

Tetapi, bila Anda menginginkan kontrol penuh terhadap iklan yang akan dibuat, dianjurkan untuk pindah ke Expert Mode dengan klik ‘Switch to Expert Mode’.

Memastikan Tujuan Iklan

Langkah kedua untuk membuat iklan di Google yaitu memastikan goal ataupun tujuan dari pemasang iklan. Iklan Anda nantinya akan diatur sedemikian rupa untuk menolong Anda mencapai goal yang Anda pilih. Terdapat beberapa opsi goals di Google Ads, di antara lain:

  • Sales : untuk penjualan produk secara online ataupun offline.
  • Leads : untuk memperoleh leads serta konversi dengan mendesak pelanggan buat melaksanakan suatu aksi.
  • Web traffic : untuk mendapatkan trafik ataupun pengunjung ke web sebanyak-banyaknya.
  • Product and brand consideration : mendesak pelanggan dalam mengidentifikasi bisnis ataupun produk yang Anda jual.
  • Brand awareness and reach : mencapai audiens yang luas serta membangun awareness.
  • App promotion : mempromosikan aplikasi supaya pelanggan melaksanakan install.
  • Local store visits and promotion : tingkatkan kunjungan toko fisik.

Pilih Tipe Tampilan Iklan

Jenis campaign merupakan bentuk tampilan ads yang akan dibuat untuk tiap goal campaign. Saat memasang iklan di Google, Anda bisa memilih dari beberapa jenis campaign, ialah:

Search Campaign

Tipe iklan yang timbul ketika user melaksanakan pencarian di search engine dengan keyword tertentu. Diketahui pula dengan iklan bacaan. Berisi judul yang menuju ke web tujuan, deskripsi pendek seputar bisnis, juga informasi kontak.

Display Campaign

Iklan yang bisa berbentuk bacaan ataupun foto yang muncul di web partner Google. Iklan foto akan memusatkan user ke web tujuan. Ukuran iklan display berbeda-beda bergantung di mana iklan terpasang.

Shopping Campaign

Iklan yang menunjukkan data produk dalam wujud katalog. Berisi informasi produk, foto, harga serta link yang dapat diklik mengarah ke halaman website tujuan supaya pelanggan dapat langsung berbelanja dari web tersebut.

Video Campaign

Iklan berbentuk video yang biasa muncul di web partner Google ataupun ketika mengakses video di Youtube. Durasi video pendek, umumnya cuma 8-15 detik ataupun 5-8 detik saja.

App Campaign

Tipe iklan untuk mempromosikan aplikasi. Iklan ini dapat berbentuk bacaan ataupun foto dengan button yang langsung memusatkan user ke App Store ataupun Play Store.

Smart Campaign

Tipe campaign dikelola Google dengan bantuan machine learning. Tipe ini menolong pengguna baru untuk membuat serta mengelola ads dengan lebih gampang. Berikan data seputar nama bisnis, buat iklan, setelah itu Google akan menciptakan penargetan terbaik buat ads Anda secara optimal.

Local Campaign

Dirancang untuk membantu mempromosikan toko fisik Ads akan tampak di penelusuran, Maps, YouTube, serta web partner Google.

Lengkapi Pengaturan Dasar Iklan

Pada bagian ini, Anda perlu memenuhi pengaturan dasar campaign yang akan dibuat. Anda wajib memenuhi pengaturan dasar iklan seperti tipe iklan, nama iklan, serta opsi jaringan buat menunjukkan iklan.

Tentukan Durasi Iklan

Sehabis memilih tipe iklan serta memenuhi pengaturan dasarnya, langkah berikutnya untuk membuat iklan di Google yaitu memastikan durasi iklan.

Buka pengaturan dengan klik ‘Show more settings’ terlebih dulu.

Setelah itu akan muncul opsi seperti berikut.

Di bagian ini Anda bisa memastikan berapa lama iklan yang Anda buat akan disiarkan oleh Google. Tentukan dengan memasukkan bertepatan pada mulai dan bertepatan pada selesai iklan.

Tidak hanya itu Anda juga dapat mengendalikan URL Campaign, Dynamic search Ads serta agenda penayangan iklan pada kolom yang ada.

Pilih Jangkauan Posisi serta Bahasa

Langkah berikutnya dalam cara memasang iklan di Google yaitu memilih jangkauan posisi serta bahasa untuk penayangan iklan. Anda dapat mempersempit jangkauan sampai ke provinsi ataupun kota yang mau dijangkau supaya lebih khusus.

Sehabis selesai memilih posisi, tentukan bahasa yang digunakan oleh audience. Google akan menyeleksi untuk menunjukkan ads pada orang-orang dengan pengaturan bahasa tersebut. Misal Anda memilih bahasa Indonesia serta Inggris, maka iklan yang Anda buat akam ditampilkan kepada audience yang berbahasa Indonesia ataupun Inggris.

Tentukan Sasaran Audience

Di bagian ini, Anda dapat memastikan sendiri audiens yang cocok dengan sasaran pasar Anda supaya iklan bisa ditampilkan lebih khusus kepada orang-orang tersebut. Tentukan audiens misalnya dari demografi, umur, interest serta lain sebagainya.

Atur Anggaran Setiap hari buat Iklan

Untuk tiap campaign, Anda bisa memastikan berapa banyak uang yang bisa dihabiskan Google buat penempatan iklan tersebut tiap hari.

Untuk bisa pasang iklan di Google dengan efisien, Anda hendaknya mengendalikan budget yang akan digunakan untuk iklan tersebut.

Google mempunyai fitur batasan budget yang akan secara otomatis menghentikan iklan sehabis batas biaya tercapai. Jadi misalnya Anda memasukkan Rp 100.000/ hari buat campaign A serta Rp 80.000/ hari buat campaign B. Maka, Google tidak akan menghabiskan uang tersebut melebihi jumlah ini.

Anda bisa menetapkan budget terendah dulu kala baru memulai membuat ads. Setelah itu secara pelan-pelan Anda dapat mulai mengukur kesuksesan ads serta coba untuk mengoptimalkannya.

Tentukan Bidding buat Iklan

Bidding merupakan biaya yang akan Anda keluarkan untuk tiap tujuan iklan ataupun harga sekali klik iklan (apabila Anda memilih fokusnya pada clicks). Buat bidding, Anda dapat mengaturnya pada konversi, klik ataupun impression. Setelah selesai klik ‘Save and Continue’.

Atur Keyword buat Iklan di Ads Groups

Berikutnya, jalani pengaturan keyword di ads groups. Satu campaign bisa berisi beberapa ads groups.

Anda bisa membuat satu ataupun lebih ads group di masing-masing campaign yang Anda bentuk. Bila Anda membuat lebih dari satu ads tim, namai masing-masing tim pada kolom yang ada. Ini akan mempermudah Anda buat mengenali ads mana yang perform lebih baik.

Berikutnya, Anda butuh memasukkan keyword-keyword yang mempunyai relevansi dengan iklan yang dibuat. Tujuannya supaya ketika orang memasukkan keyword tersebut di pencarian Google, maka iklan Anda bisa terlihat pada hasil pencarian mereka.

Terdapat 3 tipe keyword match yang didetetapkan Google, ialah exact match, phrase match, serta broad match. Apa perbedaannya?

  • Broad match : berisi semua kata, bisa jadi dalam urutan apapun serta bisa menyertakan kata lain.
  • Phrase match : berisi semua kata, dalam urutan, serta bisa mencakup kata lain saat sebelum ataupun setelah frasa.
  • Exact match : cuma berisi perkata ini dalam urutan ini.

Setelah mengisi keyword dengan lengkap, jangan lup klik ‘Save and continue’ untuk langkah berikutnya.

Membuat iklan/Ads copy

Sehabis melaksanakan pengaturan di atas, cara membuat iklan di Google Ads selanjutnya yaotu membuat bentuk tampilan iklan. Untuk paid search, Google menghalangi kepribadian bacaan supaya bisa muat semua isi bacaan iklan pada hasil pencarian.

Buatlah kalimat yang sederhana serta informatif buat memancing audiens mengklik iklan Anda. Setelah itu simpan pengaturan dengan klik ‘Save and Continue’.

Jalani review

Setelah melaksanakan pengaturan ads, Anda akan diarahkan pada halaman review saat sebelum Anda bisa pasang iklan Anda di Google. Di sini akan terlihat jelas iklan yang tadi telah Anda buat serta anggaran yang diperlukan. Bila masih butuh melaksanakan revisi, lakukan dulu saat sebelum publish ads.

Lengkapi Rincian Pembayaran

Sesi terakhir dalam cara memasang iklan di Google yaotu memenuhi rincian pembayaran buat penayangan iklan. Isi data-data yang dibutuhkan, semacam billing country, timezone, customer info, pilij tata cara pembayaran, serta yang lainnya.

Pembayaran dapat dilakukan secara otomatis ataupun manual. Bila memilih opsi otomatis, Anda harus mempunyai kartu kredit. Namun bila Anda memilih manual, pembayaran dapat dilakukan dengan debit, transfer lewat mobile banking ataupun ATM, serta GoPay.

Setelah semua terisi lengkap, centang persetujuan (I agree to the Google Ads terms and conditions) serta klik tombol ‘Submit’.

Setelah itu Anda akan diarahkan pada rincian penagihan. Selesaikan pembayaran sesuai jumlah yang ditagihkan. Sehabis pembayaran tagihan berakhir, proses pasang iklan di Google akan berakhir serta iklan Anda akan tayang bila telah disetujui.

Itulah panduan cara memasang iklan di Google Ads. Simak langkah-langkah tersebut biar Anda mempunyai pedoman yang lengkap serta iklan Anda dapat sukses tayang ya.

Sehabis menekuni cara pasang iklan Google Ads, saat ini saatnya Anda menerapkannya buat meningkatkan bisnis Anda. Pastinya, iklan Anda akan lebih optimal bila Anda mempunyai website dengan cloud hosting yang nyaman serta cepat. Jika Anda sedang mencari jasa pasang iklan google maka web sukrisudin.com merupakan jasa digital marketing terpercaya bisa jadi rekomendasi terbaik untuk Anda. Web yang menggunakan jasa ini salah satunya adalah Jasa Berkah Anda bisa melihat secara nyata kualitasnya disini.